Buscar

Pernah Mencoba Berjuang untuk Lolos STAN



Ini sebenernya tulisan udah lama, tapi belum di post. Gapapa laa yaa telat ngepost, daripada sayang di delete gitu aja. Nulisnya aja udah penuh penghayatan.

Daftar STAN
Pasca nggak lolos SNMPTN, aku segera bangkit dari keterpurukan dan kesedihan. Memikirkan jalan lain buat tetep melanjutkan kuliah. Bukan cuman aku yang dapet penolakan, banyak temen senasib sepenanggunangan. Dan mereka memutuskan untuk daftar SBMPTN, begitu juga dengan aku. Ada juga yang daftar STAN, dan entah kenapa waktu itu niatku yang sempet pudar buat daftar STAN tiba-tiba terang kembali. Habis daftar SBMPTN niatnya mau langsung daftar STAN. Tapi waktu buka formulir pendaftarnnya ternyata ada nomor identitas. Dan waktu itu aku belum bikin KTP. Dodolnya aku nggak ikut bikin KTP massal di sekolah. Cuman gegara ruangan yang waktu buat foto KTP massal di sekolah itu ada ‘nenene’, ah penyesalan adanya dibelakang. Terus akhirnya aku memutuskan buat KTP. Tapi nggak segampang yang kupikirkan. Nyampe ke Balai Desa, bilang ke pengurus Desa mau bikin KTP. Dan persyaratan bikin KTP itu kartu keluarga. Iya, aku udah bawa KK. Tapi sayangnya, yang aku bawa itu KK jadul. Yang baru itu di Bawen, di tempat Ibu. Terus apa yang harus aku lakukan? So pasti pulang dong kerumah budhe. Sampe dirumah langsung nangis, entah kenapa ciweknya aku nggak ketulungan. Udah lulus SMK cuman kaya gitu aja nangis. Aku juga heran sendiri. Tapi waktu itu emang bener-bener bingung banget, pendaftaran STAN tinggal sebentar lagi. Terus mba Yun ceramah deh, “Kamu kalo bingung dikit jangan langsung nangis. Dulu mba Yun daftar kuliah juga apa-apa sendiri. Tapi nggak nangis kaya kamu.” Oke cukup nangisnya. Karena aku harus ngambil keputusan kapan pulang kerumah Ibu buat bikin KTP. Alhasil lusa aku pulang kerumah Ibu. Besoknya langsung bikin KTP, terus cuus onlen buat daftar. Dan sukses, tinggal nyetak BOP sama bayar uang pendaftaran ke Bank.
                Seusai daftar, aku buka info-info tentang STAN. Terus nyasar ke blog salah seorang alumni STAN tahun kemaren, D3 perpajakan. Di blog itu menyatakan sesuatu yang bikin niat buat daftar jadi ‘jongos birokrasi’ itu tiba-tiba luntur seketika. Ditambah temenku sms, bilang gini “Tahun kemaren aja waktu wisuda suruh bayar 26 juta. Lah jaman kita kalo misal D3, 3 tahun lagi bisa jadi kita suruh bayar 40 juta kan?” huwooo gila aja kali suruh bayar segitu. Orang niat awal buat daftar jadi jongos birokrasi itu pingin sekolah gratis lulus terus jadi PNS. Tapi gatau itu kabar beneran atau cuman hoax. Akhirnya keesokan harinya aku diajak Ibu ke Ungaran buat transfer uang pendaftaran.
                Dan hari waktu pengumuman verifikasi data telah tiba, uyee uyeee. Pas kuota habis, terus lagi-lagi nunut temen buat ngebukain. Dan beruntung sekali akuuu. Tanggal verifikasinya pas banget habis tes SBMPTN. Tanggal 17 Juni 2014 aku tes SBMPTN di Purwokerto, dan tanggal 18 pagi aku harus udah antri di Semarang buat verifikasi data. Emang aku jin? Habis dari Purwokerto pulang jam 5 sore sampe di Banjarnegara terus tinggal bilang “cling” sambil merem sedetik kemudian udah nyampe dirumah Ibu? Langsung bau-bau keputusasaan mulai tercium. Temenku menyarankan buat shalat istikharah dulu, biar nggak salah ambil keputusan. Okedeh, dalam do’aku gini, “YaAllaah, bila memang jalan hamba untu melanjutkan pendaftaran STAN ini, maka perlihatkanlah air jernih dalam mimpi hamba. Tapi, bila memang hamba harus berhenti sampe disini, perlihatkanlah air keruh dalam mimpi hamba.” Habis do’a gitu, cuus tarik selimut bobo again. Payahnya aku lupa mimpiku itu apa? Yang keliatan cuman warna coklat doang. Daripada bingung lagi, besoknya aku shalat lagi. Shalat di Purwokerto, di kosan mba Neni, temennya Leli. Shalat diatas kasur coba, disampingnya Leli sama Ovi yang masih pules bobo dengan wajah tanpa beban memikirkan tes SBMPTN yang tinggal beberapa jam lagi. Jam stengah 3 shalat, tapi baru bisa bobo jam stengah 4. Bangun-bangun, aku lupa lagi apa yang ada di mimpiku. Akhirnya udah deh belum kepikiran lagi tentang STAN, udh waktunya mikirin SBMPTN.
 Akhirnya Ibuku memutuskan nyuruh Ayahku buat njemput aku. Dalam keadaan mriyang pulang dari Purwokerto, ya emang waktu berangkat ke Purwokerto udah meriyang duluan si, habis maghrib langsung berangkat lagi ke Bawen, motoran sama my hero, Ayahkuuu. Kebayang kan betapa berat pengorbanan ku? 2 hari berturu-turut motoran dengan jarak yang nggak deket-deket amat. Mungkin amat nggak bengkek punggungnya, tapi punggungku bengkeknya luar binasa. Buat batuk aja tulang punggung ikut nyeri. Belum lagi jam 9 malem, ban motor Ayahku bocor, dan alhasil sampai dirumah jam 11 malem. Bobo, besok harus berangkat pagi ke Semarang buat verifikasi data.
Habis verifikasi data, muncul lagi halangan rintangan membentang. Ayahku nggak tau tempat yang buat aku tes tanggal 29 Juni. Mumet maning puyeng maning. Daripada berangkat sama Ayahku palah nyasar-nyasar, alhasil aku dititipin sama tetanggaku. Berangkat tes sama tetanggaku dan ditungguin sama tetanggaku, pulang juga sama tetanggaku. Ah semoga Allah meridhoi segala langkahku. Semoga tes SBMPTNku lolos. Dan nggak berharap USM STAN lolos, karena soal dan waktunya nggak cocok bangeeet -_-

0 komentar:

Posting Komentar